Bali dan 5 Aktivitas Anti-mainstream yang Harus Kamu Coba!

Bali memang gak pernah ada habisnya. Tapi kalau setiap ke Bali mainnya ke tempat itu-itu aja, bosen gak sih? Nah, buat yang punya rencana ke Bali lagi tapi pengen ke tempat yang anti-mainstream, kamu bisa coba tips tempat-tempat dan aktivitas yang mungkin belum pernah kamu pikir untuk lakukan sebelumnya saat lagi jalan-jalan di Bali.

1. Menikmati matahari terbit Bali di Gunung Batur 

Sebenernya Gunung Batur terlalu anti-mainstream sih. Cuman, waktu aku naik akhir tahun 2016 kemarin, jarang banget ada wisatawan lokal. Bahkan waktu beli tiket masuk, petugasnya nyuruh nunjukkin kartu identitas buat mastiin aku bukan orang asing yang keliatan dan bisa bahasa Indonesia tapi ngaku-ngaku.

Ekstrim banget ya sampe harus nunjukkin kartu identitas segala? Soalnya harga wisatawan lokal sama asing beda dan bedanya jauh banget, loh! Waktu itu aku cuma bayar Rp. 5000 doang, sedangkan wisatawan asing bisa sampe ratusan ribu. Lumayan banget, kan?

Gunung ini sendiri tingginya 1717mdpl dan banyak tangganya. Jadi kalo kalian gak ada pengalaman naik gunung sebelumnya, gak masalah. Ohiya, jangan lupa bawa sneakers yang enak buat nanjak ya. Bawa makanan ringan kaya roti dan air mineral (kalo bisa1,5 liter) juga, ya!

Kemaren aku pake sepatu flip-flops karena gak ada rencana buat kesini, akhirnya solnya copot dan berakhir di tong sampah deh 🙁

2. Cruising dengan Quicksilver

Quicksilver disini bukan merk baju, ya! Quicksilver adalah salah satu aktivitas wisata bahari yang komplit. Jadi perjalanannya dimulai dari pelabuhan sanur dan kita bakal dibawa dengan boat fancy yang ada complementary snack, kopi dan tehnya. Lalu kita akan dibawa ke sebuah pontoon yang letaknya di tengah lautan dekat dengan pulau Nusa Penida.

Kegiatannya banyak banget mulai dari diving, snorkling, perosotan yang jatohnya langsung ke laut, banana boat, akuarium laut dari kapal selam, tour nusa penida, dll. Semua sudah jadi satu dengan sekali pembayaran. Jadi kalo mau main banana boat sampe kepala puyengpun gak akan ditarikin biaya lagi. Makan siangnya juga mewah dan banyak pilihan, mostly seafood. Ohiya, Kalo kamu berencana kesini, jangan lupa bawa baju ganti dan baju renang, ya!

Untuk biaya dan informasi lebih lanjut, bisa langsung buka websitenya disini ya!

3. Jalan Pagi di Campuhan

Agak ke utara sedikit, Campuhan ini letaknya di Ubud, Gianyar. Untuk menemukannya emang agak susah-susah gampang karena harus melewati jalan kecil pinggir sungai dan signage-nya juga agak kurang jelas. Tapi sekalinya sampe disini, jalan kaki sepanjang 2 km gak akan kerasa deh.

Sebenernya bebas sih mau kesini pagi atau sore. Cuman kalo aku lebih prefer pagi karena udaranya masih segar dan mataharinya masih bermanfaat untuk menyinari tubuh. Kalo teman-teman suka olah raga bisa banget untuk jogging trekk loh. Tinggal pakai baju yang nyaman, ikat sepatu olah-raga, berangkat!

4. Jogging di Pesisir Jalan Pantai Sanur

Kalau kamu suka olah raga tapi bosan dengan treadmill, bisa banget jogging di sepanjang Jalan Pantai Sanur. Karena lokasi pantainya yang berada di ibukota Bali, pantai ini memang selalu ramai dikunjungi baik warga lokal maupun wisatawan. Tetapi kalau sore, jalan pantai Sanur yang jarang kendaraan cocok banget dipakai buat jogging trek.

Kapan lagi bisa jogging sambil ditemani sepoy-sepoy angin pantai dan view yang cantik. Itung-itung sambil membakar makanan yang udah kalap teman-teman makan selama liburan. Ya gak?

5. Minum Jus di Danau Batur

Sebenarnya gak harus minum jus sih, boleh sambil makan juga atau minum yang lain. Cuman wajib banget kalo ke Bali duduk di salah satu restoran pinggir danaunya. Sambil menikmati pemandangan danau, ditemani dengan minuman yang segar apa gak makin ciamik, tuh!

Harga makanan atau minuman disini memang lebih mahal dan rasanya biasa aja. Tapi pengalaman boleh lah ya untuk dicoba.

Gimana, masih stuck di sekitaran pantai kuta aja nih kalo ke Bali?

Don't leave yet, try reading this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *